WELCOME TO BBC - UMM (email : bbc_umm@yahoo.com)

bbc-umm Blog Expedition Of Sempu Island

>> Senin, 10 Agustus 2009

BBC (biology bird clubs) adalah suatu perkumpulan pengamat burung yang ada di biologi UMM. Ini adalah kegiatan ke-3 kalinya yang diikuti BBC bekerja sama dengan agenda kegiatan rhizophora malang walking & bird watching universitas negeri malang, setelah sebelumnya pengamatan di jalan Ijen & Cangar. Ekspedisi kali ini luar biasa karena diikuti pengamat burung dari berbagai lembaga yaitu UI (universitas Indonesia) Jakarta yang bergerak dibidang ini adalah KSHL comata, UGM (universitas gajah mada) Yogyakarta, UNES (universitas negeri semarang), UM (universitas negeri malang) yang bergerak dibidang ini mwbw, SMA negeri Yogyakarta, SMP negeri 16 yogyakarta, dan dari UMM sendiri 3 orang yaitu ugik, sulung dan Alvin. Diawali dengan do’a perjalan kami dimulai hari jum’at, 17 juli 2009 pukul 13.30 wib dari kantor rhizophora dan sampai di pantai sendang biru jam 16.30. perjalanan kepulau sempu menggunakan kapal hanya ditempuh ½ jam setelah itu dilanjutkan pemasangan tenda dipinggir pantai waru-waru kemudian ishoma. Sambil menikmati panorama alam yang luar biasa indahnya, hamparan pasir putih yang membentang disepanjang pantai ini menarik dan tidak membosankan. tempat ini bisa dikatakan tempat rekreasi yang menyenangkan walau peruntukan disini bukan rekreasi melainkan pengamatan burung. Dan karena sholat magrib sudah waktunya kamipun kepantai mengambil wudhu’ tiba-tiba saat kami membasuh muka ada ikan kecil yang begitu banyak jumlahnya dan banyak yang kesangkut bikin kami tertawa ria…saat itu jam menunjukkan pukul 18.15 semua peserta memperkenalkan diri dan perwakilan dari lembaga untuk menceritakan tentang kegiatan kampus yang berhubungan dengan lingkungan.

Keesokan harinya kami benar-benar memulai pengamatan, tak lupa kami sarapan roti dan mie sebagai energi utama. Perjalan kami terus berlanjut tanpa henti karena jadwalnya diharuskan jam 07.00 sudah nyampek di telaga lele. Di tengah perjalanan kami dihibur dengan suara burung yang berkicauan, suara lutung yang lagi ribut dan suara kayak orang bersin tapi lebih nyaring sebenarnya kami masih mau ngamatin suara itu berhubung kondisi tidak memungkinkan ahirnya dilanjut saja. Ada juga yang bikin kami kaget persis seperti suara helikopter mau terbang tepat diatas kami setelah diselidiki menggunakan binokuler ternyata punai gading wah., ternyata bagus banget ini pertama kalinya kami melihat kayak gitu..jam 06.30 kami sudah sampai di telaga lele tempat ini airnya tawar sehingga hewan-hewan khususnya burung berkumpul disini untuk minum. Air yang jernih menjadi Kesempatan tim pengamat burung untuk memasak mie lucunya salah-satu teman UI saat mengambil air jatuh terpeleset dari atas kayu pohon besar yang roboh bikin semua yang melihat tertawa gurau..ha3x. Di tempat ini kami banyak menemukan ragam jenis burung sekitar 17 list.

Perjalanan dilanjutkan ke telaga sat…Sayang sekali disini airnya sudah gak ada lagi mungkin karena musim kemarau di tengah-tengah telaga ini kami menemukan seperti sumur, airnya masih ada namun keruh & kami lihat ada banyak ikan lele, ditelaga sat ini tidak begitu banyak menemukan burung hanya beberapa ekor saja. Perutpun keroncongan bawa mie kayaknya gak kompromi blas..tetapi sudahlah yang penting persediaan masih banyak bisa bertahan selama 2hari lagi. Yang kami khawatirin air minumnya karena hanya membawa 2botol aqua ukuran 1500 ml sudah mu habis gara-gara diminta teman-teman pengamat burung lainya, Karena anaknya sumua ramah baik dan bersahabat kami pun tidak keberatan membaginya. Malam hari ini adalah acara sharing hasil pengamatan, data terkumpul ± 22list sudah lumayan banyak, teman2 dari UM menawarkan untuk makan bersama. Sambil membakar ikan tongkol yang ukuranya besar hasil belian dari nelayan tadi sore, ehm lumayan bisa menambah isi perut kami untuk cepat tidur, anehnya di sini kami tidak menemukan 1 nyamuk pun padahal setiap ada mamalia pasti itu tercium oleh nyamuk apalagi di sini hutan.

Hari ini adalah hari ketiga, sebenarnya pengamatan ini sudah tidak tepat waktu menurut jadwal, gara-gara menunggu dosen UM yang tak kunjung datang. Pengamatan ahirnya pindah ke pantai teluk dengan mengunakan kapal perjalanan hanya ditempuh sekitar 1 jam kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki, tracknya sudah terbuka namun perlu hati-hati karena banyak cabangnya membuat tim kebingungan kadang-kadang salah jalan ada juga tantangannya yaitu track terhalang oleh kayu2 besar yang roboh sehingga harus benar hati-hati supaya tidak jatuh. Sebenarnya perjalan ini masih mau dilajutkan ke segara anakan tetapi berhubung melihat kondisi teman-teman, panitia dari UM tidak tega meneruskan perjalanan hanya sekedar informasi saja tempat itu mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasi laut lepas. Selain itu katanya tempat masuknya unik ada lubang besar seperti gua sebagian airnya masuk ke segara. Di pantai teluk ini teman2 santai sambil menanti burung datang kesini, ada juga yang mengabadikan gambarnya main narsis-narsisan termasuk kami. lumayanlah pemandangan disini bagus-bagus banyak tebing tempatnya bersih dan airnya jernih pokoknya susah dech mau diungkapkan dengan kata-kata. Jam sekitar pukul 11, temen-teman pada buru-buru mengambil teropong, setelah dilihat ada elang laut perut putih. Dari sinilah tim pengamat burung beraksi lagi dan semangatnya tumbuh kembali, memang benar beragam jenis burung juga banyak ditemui disini kayaknya males mu pulang. Acara malam harinya yaitu diskusi, ramah tamah dan juga sharing hasil pengamatan setelah di data hasil kesemuanya dipulau sempu ini ada 55 list jenis burung.

Pagi ini cuaca tidak bersahabat gerimis sudah mulai berjatuhan tidak lama setelah itu hujanpun terjadi. para anggota tim sibuk membereskan barang-barangnya kedalam tenda. Disamping itu air mulai pasang hampir mendekati tempat kami. Sebenarnya pagi ini yang ditunggu-tungu, tapi kami sedikit kecewa karena tak dapat menimati matahari terbit gara-gara hujan. sekarang sudah tiba saatnya mau meninggalkan pulau ini. meskipun tempat ini asyik, menyenangkan dan mengesankan apalagi ditambah teman-teman yang akrab dan bersahabat membuat kami terasa berat untuk berpisah tetapi mau gimana lagi persediaan sudah habis gara-gara gak tidur tadi malam, untungnya sekarang ada acara makan bersama, sudah disediakan anak UM selaku panitia. O…ya anak UM rela jauh-jauh mencari air dipulau ini untuk dimasak hanya demi kebersamaan dan kesetiakawanan. Sesudah itu teman-teman semua diajak ke pelawangan yang tidak jauh dari tempat ini sambil mengamati dara laut yang beterbangan membuat keindahan menjadi-jadi secara alami. Kami juga menemukan dara laut disarangya di tengah tebing yang dikelilingi laut. Selepas dari itu tim pengamat burung kembali ketenda karena sebentar lagi pulang. semua tim pengamat burung ahirnya kembali ke pasir panjang yaitu tempat kapal mengantar dan menjemput kami. Ahirnya sekitar jam 16.00 kami nyampek kos.

Daftar burung yang kami temukan & kami pahami cirri, bentuk, serta warnanya, selama mengikuti kegiatan Rhizophora, mulai dari jln. Ijen, Cangar dan pulau sempu.

1. Jln. Ijen: Cucak kutilang, Bondol peking, Burung pipit, Tekukur biasa, Jalak.

2. Cangar: Burung kacamata, Burung madu gunung, Kutilang, Sikatan ninon, Srigunting kelabu.

3. Pulau sempu: Burung layang-layang batu, Kareo padi, Cangak merah, Punai gading, Perling kumbang, Elang ular bido, Kangkareng perut putih, Julang mas dada, Elang laut, Kuntul karang, Raja udang biru, Kekeb babi, Dara laut putih.