WELCOME TO BBC - UMM (email : bbc_umm@yahoo.com)

bbc-umm Blog Observasi Burung Di Cangar

>> Jumat, 26 Juni 2009

Minggu 20 juni 2009 merupakan acara MWBW ke 3. Lokasi yang dipilih adalah taman hutan rakyat R Soerjo, atau lebih dikenal dengan pemandian Cangar. Tahura R. Soerjo merupakan lokasi konservasi yang dibina oleh Dinas Kehutanan dengan luas 27 ribu ha.



Pemilihan lokasi dikarenakan beragamnya jenis fauna burung yang ada disana. Misalnya saja seah gunung yang cantik dan sikatan ninon yang menawan. Selain itu, lokasi masih bisa dibilang alami dan asri. Dari Malang ditempuh dengan menggunakan motor dimana peserta berkumpul di rhizophora atau langsung di gerbang Cangar.

Pukul 7.00 wib. Ketua mwbw sudah nongol dengan ekspresi yang sulit teridentifikasi, karena ketua bingung menunggu teman-teman peserta dari BBC UMM (Biology Bird Clubs Universitas Muhammadiyah Malang) untuk bertemu di gerbang Cangar. Setelah 10 menit berlalu kami terpaksa pindah lokasi di gerbang depan sapa tau mereka masuk dari sana. Namun setelah cukup lama menunggu,teman-teman dari BBC tidak terlihat batang hidungnya.............namun penantian kami berbuah senyuman dengan munculnya sikatan belang yang menclok ke dahan yang tidak jauh dari kami berada,, hehe smiling face,,les than 5 meter..kami mencoba memotret lumayan lah.. tidak terlalu buruk untuk ditampilkan di facebook atau blog kami.
Setelah hampir 15 menit berlalu dimana suara sikatan mulai bersahutan.. membuat kami mengambil keputusan untuk menunggu mereka di dalam,,
Dan berencet kerdil pun datang,, clunguk..clungkup,, berjalan dintara sema-semak..
Sip lah,,

Ternyata teman-teman BBC datang dengan rombongan kurang lebih 8 orang,,haha
Gimana nih.. binonya g cukup..Cuma bawa tiga,pi g papa,sepertinya mereka tetap antusias dengan minimnya alat yang kami bawa..
Bahkan keantusiasan mereka terlihat dari kesadaran mengikuti MWBW meski harus membolos dari kuliah.. wihh,keren...
Begitu lah, akhirnya pengamatan dimulai di sekitar kolam.. cukup banyak sikatan ninon, burung madu, hingga cikrak yang sedang memangsa cacing.. semua saling berbagi binokuler...miris namun terharu,,







Tidak lama kemudian..salah satu berseru apa itu?? Kelelawar ya,,wah ternyata sepasang raptor sedang disarang, dilihat dari tindak-tanduknya seperti elang hitam...namun kami belum bisa menjustifikasi.. akhir...sepasang reptor itu pergi ke arah barat, pengamatan dilanjutkan ke arah jongging track, masuk melintasi lumut - lumut yang mulai rimbun..karena beberapa mnggu terakhir jonging track terpaksa ditutup mengingat sedang musim hujan yang tentunya berakibat akan rawannya pohon yang tumbang.







Cukup terengah-engah juga menaiki jalan setapak dan puluhan anak tangga yang sudah mulai rusak.. tapi semuanya terbayar dengan sikatan kepala abu, berinji gunung, munguk loreng, cikrak muda. Setelah kurang lebih pengamatan 3 jam..akhirnya pengamatan disudahi dengan diskusi dan sharing pengalaman yang telah dilakukan.






Bak Panca Ketua Dari MWBW

Menarik sekali saat teman-teman dari UMM berencana untuk membentuk klub pengamat burung yang diberi nama BBC UMM.. setidaknya akan ada banyak teman yang bisa diajak blusukaan untuk melihat salah satu fauna yang mewabah ini,,
Hapi birding.....






Foto Bareng Anggota BBC UMM dan MWBW UM

Sumber: RHIZOPHORA

Komentar :

ada 0 komentar ke “Observasi Burung Di Cangar”

Posting Komentar

100 Blog Indonesia TerbaikPets blogs & blog postsGoLedy.comTop Global SiteDigNow.netblog-indonesia.comAnimals blogsPets Business Directory - BTS LocalFood & Drink Blogs - Blog RankingsFood & Drink (Blogs) - TOP.ORGTopOfBlogsAnimals blogsBloggerian Top Hits