WELCOME TO BBC - UMM (email : bbc_umm@yahoo.com)

bbc-umm Blog MAKALAH ASOSIASI BURUNG (BBC)

>> Selasa, 30 Juni 2009

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Nama "Malang" berasal dari Candi Malang Kucecwara, sebuah candi yang terletak di kaki Gunung Buring, di timur kota Malang. Candi tersebut dibangun pada abad ke-15.Seperti halnya kebanyakan kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, Kota Malang tumbuh dan berkembang setelah hadirnya pemerintah kolonial Hindia Belanda. Fasilitas umum direncanakan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan keluarga Belanda. Kesan diskriminatif masih berbekas hingga sekarang, Misalnya Ijen Boullevard dan kawasan sekitarnya. Pada mulanya hanya dinikmati oleh keluarga-keluarga Belanda dan Bangsa Eropa lainnya, sementara penduduk pribumi harus puas bertempat tinggal di pinggiran kota dengan fasilitas yang kurang memadai. Kawasan perumahan itu sekarang bagai monumen yang menyimpan misteri dan seringkali mengundang keluarga-keluarga Belanda yang pernah bermukim di sana untuk bernostalgia.
Pada tahun 1879, di kota Malang mulai beroperasi kereta api dan sejak itu kota Malang berkembang dengan pesatnya. Berbagai kebutuhan masyarakat pun semakin meningkat terutama akan ruang gerak melakukan berbagai kegiatan. Akibatnya terjadilah perubahan tata guna tanah, daerah yang terbangun bermunculan tanpa terkendali. Perubahan fungsi lahan mengalami perubahan sangat pesat, seperti dari fungsi pertanian menjadi perumahan dan industri.Sejalan perkembangan tersebut di atas, urbanisasi terus berlangsung dan kebutuhan masyarakat akan perumahan meningkat di luar kemampuan pemerintah, sementara tingkat ekonomi urbanis sangat terbatas, yang selanjutnya akan berakibat timbulnya perumahan-perumahan liar yang pada umumnya berkembang di sekitar daerah perdagangan, di sepanjang jalur hijau, sekitar sungai, rel kereta api dan lahan-lahan yang dianggap tidak bertuan. Selang beberapa lama kemudian daerah itu menjadi perkampungan, dan degradasi kualitas lingkungan hidup mulai terjadi dengan segala dampak bawaannya. Gejala-gejala itu cenderung terus meningkat, dan sulit dibayangkan apa yang terjadi seandainya masalah itu diabaikan.

1.2 Tujuan
1. Mengtahui kateristik burung
2. Mengatahui Alat dan Teknik dalam pengamatan burung
3. Mengatahui jenis-jenis burung yang ada di jalan raya ijen dan wisata alam cangar

Baca Selengkapnya DISINI

Komentar :

ada 2 komentar ke “MAKALAH ASOSIASI BURUNG (BBC)”
Puji Antoro mengatakan...
pada hari 

Sangat menarik atikelnya..
makasih dah mo berkunjung ya :10

amri mengatakan...
pada hari 

Salut...ternyata blognya BBC (bukan BBQ kan?) uapik tenan ketimbang punya MWBW. jadi iri...skalian modif punya MWBW ato Rhizophora juga yo. totalan mburi. Suwun....
Makasih lagi...atas partisispasinya di MWBW Sempu 17-20 July 2009. besok2 ajak tmn2mu sing akeh skalian dosennya juga (ben percoyo klo komunitas birdwatchingnya kalian ada dan aktif. oyi..?). Sayangnya kalian terlalu menneng, kurang brani (ayo ngaku; sugi, dkk). Cuek ae, jo sungkan2 untk promosi BBQnya eh...BBCnya (bercanda..hee...he..). Minimal ngasih alamat blognya BBC kek. Lain kali, MWBW selanjutnya kudu aktif, klo perlu autis dan ojo lali ajak konco liane trutama cewek2 yang uwayu-ayu (ntar ta tagih loh) biar ga sepet ndilok manuk gereja skali2 gallus gallus kampus kek.
Oh iya...aku ta komen makalahnya. bukannya menggurui neh, tapi blajar bareng. Le aku salah tolong dikoreksi juga. foto untuk sikatan, spertinya kleru tuh. klo g salah foto itu gambar Kipasan mutiara (aku yo rodo lali, ntar ta cek lg di bukunya Mas. Mecky/Mc. Kinnon). Memang sih bahasa pasarnya Sikatan (ini menurut penjual burung di Spelndid) = "kipasan", tp bukan kipasan yang sesungguhnya. Sama seperti Sikatan yang punya bahasa pasar "tledekan ...." (Splendid, 2009).
Kipasan familinya = Rhipidurudae, sedangkan Sikatan = Muscicapidae. Sepintas mirfologinya agak mirip, tapi klo kipasan ekornya lebih panjang dan tingkahlakunya sering mengangkat2 ekornya (jawa = "jentit2") dengan posisi mengembang (jawa = "njeprak"). Persis kya foto "sikatan" yang dimakalah teman2. Ta sarankan klo nyari foto2 burung klik OBI (oriental bird image) ae. Kui fotonya apik2, dapat dipercaya, dan jadi rujukan mayoritas Birdwatcher.
Scara umum ta acungi jempol, soale aku sendiri blm pernah nulis apapun ttg burung, kecuali komen ini. Brarti skarang tugasnya, ngader adik tingkatmu yang sbentar lagi masuk. Biar ilmunya tersalurkan dan komunitasnya tambah banyak. Happy birding....never give up = jangan kencing sembarangan (bener tah?)

Posting Komentar

100 Blog Indonesia TerbaikPets blogs & blog postsGoLedy.comTop Global SiteDigNow.netblog-indonesia.comAnimals blogsPets Business Directory - BTS LocalFood & Drink Blogs - Blog RankingsFood & Drink (Blogs) - TOP.ORGTopOfBlogsAnimals blogsBloggerian Top Hits